Selasa, 04 November 2014

PENYEBAB OBESITAS PADA REMAJA

Penyebab Obesitas Pada Remaja
Salah satu cabang dari beberapa gangguan makan adalah obesitas remaja. Obesitas adalah suatu kondisi dimana persentase lemak dari seorang anak adalah lebih dari 32% untuk Anak perempuan dan 35% untuk anak laki-laki atau ketika berat badan anak lebih dari sebesar 20% dari berat badan ideal mereka sesuai dengan tinggi badan mereka. Hal ini tidak selalu terkait dengan gangguan makan, tetapi gangguan makan seperti Bulimia Nervosa dan Pesta Makan dapat dikaitkan dengan obesitas. Juga, sedangkan obesitas dapat menjadi masalah pada berbagai tahap kehidupan (misalnya, bahkan seorang anak berumur 7 tahun dapat digolongkan sebagai obesitas), gangguan makan yang paling terkait dengan tahun-tahun remaja. Obesitas di kalangan anak adalah salah satu masalah Kesehatan yang berkembang untuk orangtua di seluruh dunia dan ini risiko kesehatan tumbuh pada tingkat yang mengkhawatirkan. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan anak obesitas tumbuh menjadi orang dewasa gemuk.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan obesitas. Berikut adalah beberapa penyebab utama obesitas:
Fisik tidak aktif:
Ini adalah salah satu penyebab terbesar dari obesitas remaja. Dengan remaja menghabiskan sebagian besar waktu mereka di depan televisi, bermain game komputer atau di ponsel dengan teman-teman mereka dan kurangnya minat dalam kegiatan ekstra kurikuler sekolah atau kuliah setelah dan kurang olahraga adalah beberapa penyebab utama obesitas remaja.
Kebiasaan makan yang buruk: Alasan lain besar untuk obesitas remaja adalah kebiasaan makan yang buruk. Lonjakan konsumsi makanan berlemak tinggi seperti burger, keripik, minuman bersoda dan kentang goreng telah dikutuk dan diperlakukan sebagai salah satu penyebab utama obesitas anak.
Genetik Pola Perilaku & Keluarga:
Pola genetik dan perilaku keluarga juga penyebab penting dari obesitas dan sulit untuk memisahkan keduanya. Sementara kemungkinan orang tua obesitas memiliki anak obesitas adalah sekitar 30%, benar juga bahwa orang tua obesitas sering memiliki kebiasaan makan yang buruk dan gizi keluarga miskin mengampuni, sehingga anak-anak kelebihan berat badan.
Kimia atau ketidakseimbangan hormon:
Lain alasan utama untuk obesitas, terutama di kalangan remaja, adalah perubahan hormonal. Remaja mengalami perubahan hormonal yang signifikan setelah mereka mencapai pubertas, yang dapat memicu keinginan untuk makanan tertentu atau over-konsumsi makanan.
Metabolisme yang lebih rendah:
Beberapa remaja memiliki kecenderungan untuk mempertahankan atau menghemat energi tubuh dan sifat ini mudah terlihat dari anak usia dini, di mana pertumbuhan tonggak pada anak tampaknya lebih cepat dari biasanya.
Dua yang pertama alasan yang diuraikan di atas (kurangnya aktivitas fisik dan diet yang tepat kurangnya) adalah alasan utama untuk obesitas di kalangan remaja. Sebagai orangtua, Anda perlu mengambil masalah obesitas anak remaja Anda sangat serius dan mendapatkan bantuan medis dan profesional jika Anda melihat anak Anda tidak mampu untuk ikut serta dalam olahraga atau aktivitas fisik atau jika sekolah / perguruan tinggi otoritas mengungkapkan keprihatinan atas berat badan mereka atau merasa bahwa anak remaja Anda kelebihan berat badan. Dalam buku “Memecahkan Masalah Remaja”, beberapa tips untuk mengatasi obesitas remaja telah disediakan. Seiring dengan ini buku ini juga menyentuh pada berbagai gangguan makan, yang dapat menyebabkan obesitas remaja – penyebab dan tips untuk menyelesaikannya.
Baca pendapat yang lainnya:
Secara ilmiah, obesitas terjadi akibat mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan oleh tubuh. Penyebab terjadinya ketidakseimbangan antara asupan dan pembakaran kalori ini masih belum jelas. Namun, ternyata ada faktor lain selain faktor genetik, faktor kesuburan, efek dari mengkonsumsi obat-obat tertentu, dan aktivitas psikis. Ada tiga hal yang mempengaruhi munculnya obesitas pada remaja.
Teman Dekat
Teman adalah seseorang yang berpengaruh dalam kelangsungan hidup kita, karena tidak sedikit pola hidup kita dengan teman dekat memiliki kesamaan. Misalnya, ketika teman mengajak makan malam bersama meskipun kita dalam keadaan tidak lapar, kita tidak bisa menolak tawaran itu.
Insomnia
Insomnia atau kebiasaan sulit tidur. Karena kurang tidur meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan yang memicu terjadinya peningkatan berat badan.
Malas Bergerak
Seseorang yang tidak memiliki kegiatan hanya santai didepan televisi, atau komputer berjam-jam lamanya sambil menikmati cemilan. Ditambah selalu mengkonsumsi makanan kaya lemak dan tidak disertai aktivitas fisik yang seimbang cenderung menyebabkan obesitas.

Read more: http://sro.web.id/penyebab-obesitas-pada-remaja.html#ixzz2UHi0eERP

kutipan dari : https://www.facebook.com/cmp3greendietsehat/posts/1108225952650680

Tidak ada komentar:

Posting Komentar