Selasa, 28 Oktober 2014

Arti sportivitas dalam olahraga

SPORTIVITAS

 dalam olahraga sangatlah penting.  dalam olahraga harus dijunjung tinggi dan itu memerlukan kejujuran setiap insan olahragawan. dalam olahraga inilah yang menentukan . Sebaiknya ditanamkan sejak dini sehingga sikap ini akan terbiasa dengan anak hingga dia besar. dalam berolahraga dapat berpengaruh pada keseharian anak. Sikap sportif adalah sikap untuk menjunjung tinggi kejujuran dalam berolahraga.
Sportivitas adalah bagian dari kepribadian, bagian dari karakter. Sportivitas mempunyai arti orang yang melakukan olahraga harus memiliki kejujuran dan sikap  dalam bertindak dan berprilaku saat berolahraga, seperti , mengikuti ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan atau disepakati bersama, terutama saat mengikuti suatu pertandingan olahraga.
Olahraga memang aktifitas yang membutuhkan energi yang lebih dan tenaga serta fisik yang ekstra, apalagi olahraga yang berat seperti basket, sepak bola, angkat besi, beladiri dan lainnya. Apabila tubuh sedang tidak fit yang mungkin disebabkan karena sedikit cidera maupun kondisi badan yang sedang bermasalah tidak mampu mengikuti aktifitas ini, apalagi kalau sifatnya suatu pertandingan yang sangat penting.
Sifat sportivitas itu bisa muncul karena ada  dari dalam diri kita yang mana apabila kita melakukan tindakan anarkis atau memakai doping pada saat pertandingan itu adalah tindakan yang salah besar. Selain itu sifat sportivitas yang timbul pada diri kita adalah ajaran dari orang tua kita yang diberikan kepada kita pada waktu kita kecil.
Dalam  yang biasanya berupa permainan pastinya akan ada yang harus kalah. Anak-anak yang sering berolahraga pastinya pernah merasakan sebuah kekalahan. Dengan  anak-anak akan belajar bagaimana menerima kekalahan mereka. Tanpa ada rasa dendam kepada  mereka.
Cara menanamkan sifat sportif pada anak dengan olahraga yaitu dengan memberinya dukungan saat anak sedang bertanding olahraga. Dengan begitu anak akan bekerja lebih keras tanpa adanya pikiran untuk bermain curang. Apabila anak kita kalah kita tetap harus memuji dan memberinya . Dengan demikian anak akan selalu melakukan pertandingan dengan baik tanpa kecurangan.
Sportivitas inilah yang akan membuat seorang olahragawan menjadi selamanya. Menjadi olahragawan sudah bukan lagi aktivitas fisik, tapi lebih menjadi bagian dari jiwa. Sportivitas menjadi ketentuan yang membedakan antara juara sejati dengan juara biasa-biasa saja.

Artikel ini dikutip dari : http://www.hadisatari.com/2012/01/31/sportivitas-dalam-olahraga-sangatlah-penting/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar